Operasi Patuh Cartenz 2024 Polda Papua: Puluhan Kendaraan Terjaring Razia di Jayapura



Jayapura – Dalam rangka pelaksanaan Operasi Patuh Cartenz 2024, personel Ditlantas Polda Papua melaksanakan pemeriksaan kendaraan di halaman Papua Trade Center (PTC) Entrop Jayapura Selatan, Rabu (17/07). Kegiatan ini dipimpin oleh AKP Robert Rengil selaku Kasatgas Preventif Operasi Patuh Cartenz 2024 Polda Papua.


Operasi ini merupakan bagian dari upaya terpadu untuk menekan angka pelanggaran lalu lintas dan kecelakaan di wilayah Papua. Pada hari ketiga pelaksanaan operasi, AKP Robert Rengil menjelaskan bahwa banyak ditemukan pelanggaran, terutama oleh pengendara kendaraan roda dua. 


"Banyak pengendara yang tidak menggunakan helm, tidak memasang plat nomor, serta tidak membawa surat-surat kendaraan seperti STNK dan SIM," ujarnya.


AKP Robert menambahkan bahwa selain kendaraan roda dua, penindakan juga dilakukan terhadap kendaraan roda empat yang melanggar aturan lalu lintas. 


"Kami dari Direktorat Lalu Lintas Polda Papua melaksanakan Operasi Patuh Cartenz 2024 dengan fokus pada 14 jenis pelanggaran yang telah ditentukan. Namun, pada pagi ini, pelanggaran paling banyak dilakukan oleh pengendara roda dua," jelasnya.


Dalam operasi yang berlangsung ini, tercatat 56 kendaraan roda dua dan 8 kendaraan roda empat yang terjaring dan dikenakan sanksi tilang. 


"Kami melaksanakan penindakan ini untuk mendisiplinkan masyarakat, terutama dalam penggunaan helm, kelengkapan plat nomor, dan kelengkapan surat-surat kendaraan. Ini penting untuk meningkatkan keselamatan dan ketertiban di jalan raya," kata AKP Robert.


Selain itu, AKP Robert juga menekankan bahwa operasi ini bukan hanya sekadar penindakan, tetapi juga upaya edukasi kepada masyarakat. 


"Kami berharap dengan adanya operasi ini, kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas akan meningkat, sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan dan pelanggaran di jalan raya," tambahnya.


Operasi Patuh Cartenz 2024 merupakan bagian dari program tahunan Polda Papua untuk meningkatkan kepatuhan berlalu lintas dan menekan angka kecelakaan. Dengan adanya operasi ini, diharapkan masyarakat dapat lebih disiplin dan sadar akan pentingnya mematuhi peraturan lalu lintas demi keselamatan bersama.




Jayapura, 17 Juli 2024


Dikeluarkan oleh: Subbid Penmas Bid Humas Polda Papua, Alamat Jln. Dr. Sam Ratulangi No. 8 Jayapura, Papua Telp: 0967-52021. Kontak Person: Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Ignatius Benny Ady Prabowo, S.H., S.I.K., M.Kom. HP 08123000348.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama