Kandang Ayam Berisi 11.000 Ekor Ayam Ludes Terbakar, Kerugian Mencapai Rp 400 Juta




UNGARAN - Dalam sebulan ini, kebakaran terjadi di wilayah Kabupaten Semarang dan menimpa rumah warga. Senin (22/7/2024) pagi sekitar pukul 05.30 WIB, kebakaran menimpa bangunan kandang ayam dengan ukuran 8 meter x 60 meter milik Akadun (50) warga Dusun Bandungan RT 04 RW 03, Desa Kalongan, Kecamatan Ungaran Timur,  Kabupaten Semarang. Akibat kebakaran itu, korban menderits kerugian mencapai Rp 400 Juta. 


Kepala Satpol PP & Damkar (Pomdam) Kabupaten Semarang Anang Sukoco menjelaskan, bahwa pertama kali yang mengetahui ada kebakaran di kandang ayam itu adalah Satrio (30) sekitar pukul 05.30 WIB. Saat itu terlihat api muncul dari ruang blower di kandang ayam tersebut. 


"Saya melihat ada api di area kandang ayam yang pada bagian tengah terdapat pemanas kompor. Api yang membara itu, oleh karyawan kandang ayam berusaha untuk dipadamkan dengan menggunakan 2 tabung Apar. Selain itu, warga lain mencari air untuk memadamkan api. Namun, karena api sudah langsung membesar, warga lalu melaporkannya ke petugas Damkar Posko Ungaran dan Posko Bergas," terang Anang Sukoco. 


Petugas Damkar sampai di lokasi kebakaran langsung melakukan pemadaman api. Kandang ayam tersebut berisi sebanyak 11.000 ekor ayam yang masih berusia 3 hari. Selain itu, petugas Polsek Ungaran, Polres Semarang, Koramil Ungaran, BPBD Kabupaten Semarang serta para relawan. 


"Dugaannya, penyebab kebakaran dari blower yang alasnya dari sekam padi. Blower yang kepanasan dan menimbulkan api, sehingga api langsung membesar dan merembet hingga membakar kandang ayam. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran ini," tandas Anang Sukoco. (HERU SANT).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama