Kunjungan Menparekraf RI Di Kabupaten Jembrana



Jembrana - Bertempat di Sirkuit All In One Desa Pengambengan, Kec. Negara, Kab. Jembrana, Jumat (30/12) pukul 17.15 Wita telah berlangsung kegiatan kunjungan Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Dr. H. Sandiaga Salahudin Uno, B.B.A., M.B.A. dalam rangka meresmikan Sirkuit All In One dan Event Akhir Tahun Kabupaten Jembrana Tahun 2022.


Dalam kunjungannya di Kab. Jembrana ini disambut oleh Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gede Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. bersama Gubernur Bali yang diwakili Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Provisi Bali, Kapolda Bali yang diwakili Dir Lantas Polda Bali Kombes Ruminio Ardana, Danlanud I Gusti Ngurah Rai Bali diwakili Kepala Potensi Dirgantara Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali, Staf Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Pimpro Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi, dan Bupati Jembrana beserta jajaran Forkopimda lainnya.


Kedatangan Menparekraf RI Sandiaga Uno di Sirkuit All In One Pengambengan ini disambut dengan pementasan Tari Makepung asli Jembrana. Dimana pada kesempatan tersebut Bupati Jembrana I Nengah Tamba, S.H. mengucapkan terimakasih kepada seluruh undangan  dan masyarakat yang telah hadir yang telah ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan ini dimana saat ini kita akan meresmikan Sirkuit All In One Pengambengan.


“Ucapan terimakasih kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI yang telah memberikan bantuan sehingga Kabupaten Jembrana bisa membangun dan mewujudkan lokasi Sirkuit All In One Kab. Jembrana ini. Dan saya sebagai Bupati Jembrana merasa sangat bahagia dengan acara yang dilaksanakan pada hari ini,” ujar Bupati dengan penuh kegembiraan.


Bupati I Nengah Tamba mengatakan bahwa lokasi yang dijadikan Sirkuit All In One ini merupakan tanah timbul atau tanah negara seluas 4 Ha yang akan disertifikatkan oleh Pemkab Jembrana sebagai Sirkuit All In One Kab. Jembrana yaitu tempat pagelaran seni budaya yang ada di Kabupaten Jembrana dan kegiatan-kegiatan keagamaan maupun komunitas yang ada di Kabupaten Jembrana yang nantinya diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisata dan tingkat perekonomian masyarakat di Kabupaten Jembrana.


“Dimana pada tahun 2026 mendatang kita punya mimpi dan tujuan yaitu Jembrana Emas,” ujar Bupati Tamba dengan penuh semangat.


Kemudian Sirkuit All In One Kab. Jembrana diresmikan langsung oleh Menparekraf RI Sandiaga Uno yang didampingi oleh Bupati Jembrana dan dilakukan penandatanganan prasasti sekaligus menyerahkan bantuan CSR secara simbolis kepada para pelaku pariwisata dan seni di Kabupaten Jembrana.


Dalam sambutannya, Menteri Sandiaga Uno mengucapkan Salam Bahagia, kami sekeluarga jauh-jauh datang bersama dengan Staf Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI sangat bersyukur bisa hadir di lokasi ini menyaksikan kebahagiaan masyarakat dan pariwisata Indonesia yang ada di Bali pada khususnya.


Sandiaga Uno mengklaim bahwa tingkat Pariwisata di Bali sudah bangkit terlihat dari kunjungan yang naik 2,2 juta lebih dari target, hanya 1,5 juta yang didominasi oleh kunjungan turis dari Australia, India, Singapura, Inggris dan Amerika.


Lanjutnya, saat ini di Bali kita siapkan Jembrana sebagai pintu gerbang di Bali barat ini untuk pengembangan apalagi dengan hadirnya Jalan Tol Gilimanuk-Mengwi di tahun 2025 nantinya bisa membuka peluang usaha dan lapangan kerja seluas-luasnya.


“Kita harus bangkitkan ekonomi, mencari kerja harus lebih gampang, UMKM harus lebih baik dan kita harapkan strategi khusus dan salah satu strategi khusus di eksekusi dengan baik tahun ini oleh Bapak Bupati Jembrana dengan membangun Sirkuit All In One ini adalah salah satu wujud kolaborasi dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah,” kata Menparekraf Sandiaga Uno.


“Karena Bumi Makepung ini atraksi karapan kerbau di Bali merupakan atraksi budaya yang juga dikemas dalam bentuk yang sangat menarik, untuk itu maka dibangun Sirkuit All In One ini yang juga dimanfaatkan sebagai lokasi penyelenggaraan banyak kegiatan. Jadi nantinya ada kegiatan keagamaan bersama disini,” ujarnya.


Sandiaga Uno berharap semoga tempat ini bisa digunakan oleh masyarakat sebagai tempat pelayanan publik dan bangkitnya optimisme 2023.


Rangkaian acara selanjutnya disuguhkan dengan pementasan Tari Bhakti Marga Masal sebanyak 2.023 orang penari dari siswi tingkat SMP dan SMA/SMK se-Kab. Jembrana, kemudian dilanjutkan dengan Atraksi Mekepung sebanyak 15 pasang Sekhe Mekepung se-Kab. Jembrana yang dibarengi dengan Jegog Masal sebanyak 46 Sekhe Jegog se-Kab. Jembrana serta Atraksi Paramotor dari para Pilot Paramotor FASI Prov. Bali dan TNI AU Lanud I Gusti Ngurah Rai Bali.


Saat dikonfirmasi, Kapolres Jembrana AKBP I Dewa Gede Juliana, S.H., S.I.K., M.I.K. mengatakan selama kegiatan berlangsung sudaj berjalan dengan tertib, aman, dan lancar serta telah dilaksanakan pengamanan oleh Personil Polres Jembrana. “Sekira pukul 18.40 Wita, Bapak Menteri beserta rombongan meninggalkan Sirkuit All In One menuju ke Jimbarwana Hotel untuk jamuan makan malam,” terang Kapolres Dewa Juliana.


(Hms Jbr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama