Jumat Curhat Polsek Melaya Menyama Braya



Jembrana - Kapolsek Melaya Kompol I Made Katon, S.H. mengajak tokoh masyarakat duduk bersama dalam kegiatan Jumat Curhat Polres Jembrana Menyama Braya yaitu dengan menyeleksi masalah berikan pelayanan yang bertempat di Aula Kantor Desa Manistutu, Jumat (30/12) pukul 09.15 Wita.


Program Menyama Braya ini merupakan kegiatan proaktif pejabat kepolisian dengan bertemu langsung dengan warga masyarakat baik komunitas, tokoh, maupun perorangan guna menyerap potensi gangguan kamtibmas yang ada di tengah masyarakat. Program Menyama Braya ini sekaligus sebagai bentuk kegiatan Jumat Curhat Quick Wins Presisi Polri.


Sararan yang ditemui dalam kegiatan ini yaitu Kepala Desa Manistutu I Komang Budiana, Bendesa Adat Manistutu I Wayan Reden, S.Pd., Ketua Karang Taruna Manistutu I Ketut Sadika, S.Pd., Kelian Banjar se-Desa Manistutu, Ketua BPD, Ketua LPM, Unsur Keamanan Bhabinkamtibmas Aiptu I Made Kirana dan Bhabinsa Serda Kadek Wirawa.


Pada kesempatan pertama Kapolsek memberikan apresiasi dimana event turnamen volley ball yang masih berjalan sampai saat ini tidak ada konflik, Kapolsek Melaya juga menghimbau agar jelang tahun baru ini tanpa miras dan mercon.


Situasi ini sebagai salah satu tolak ukur para tokoh maupun Karang Taruna menjalankan peran dengan baik dan ini supaya dipelihara terus demi terbangunnya nama baik Manistutu sehingga kepercayaan pihak lain maupun Pemkab bahwa Manistutu mampu menggelar event. 


Kemudian Kapolsek menjelaskan dan mempermaklumkan kegiatan Menyama Braya  tiada lain adalah kegiatan menyerap informasi tentang adanya potensi permasalahan bidang keamanan yang ada di tengah warga Manistutu yang mungkin sungkan untuk diungkapkan atau mencegah masyarakat untuk menunggu terjadi masalah. Untuk itu Kapolsek berharap para tokoh yang dapat menyampaikan potensi gangguan keamanan yang mungkin ada guna disikapi dan dilakukan upaya-upaya bersama sehingga tidak menjadi peristiwa gangguan keamanan, atau mungkin bukan ranah keamanan namun bisa berimplikasi pada situasi masyarakat sehingga dapat disalukan atau dikomunikasikam kepada pihak atau istansi yang membidangi.


Respon awal disampaikan oleh Bendesa Adat Manistutu I Wayan Reden, S.Pd. menyampaikan permasalahan keamanan utamanya prasarana adat seperti tempat suci dengan adanya pencurian Pratima di desa lain namun di Manistutu cukup kondusif dan tidak ada kejadian dimaksud. Ini karena sinergi perangkat adat dengan Bhaninkamtibmas dan Bhabinsa guna memelihara situasi keamanan yang telah berjalan dan komunikasi informasi untuk kewaspadaan terus berjalan.


"Selanjutnya ada potensi gangguan berkaitan dengan akan dilaksanakan pemilihan Bendesa Adat pada bulan Pebruari 2023. Saat ini Panitia Pemilihan sudah dibentuk dan disahkan oleh PMA Kabupaten dan sudah memulai kegiatannya sosialisasi pemilihan kepada Krama Desa. Kami berharap semua tahapan berjalan aman dan lancar," terang Bendesa Adat Manistutu I Wayan Reden.


Respon kedua disampaikan oleh Bhabinsa I Kadek Wirawa dan menyampaikan permakluman dimana belakangan ini kehadiran di desa agak jarang mengingat ada kegiatan pengamanan di Gilimanuk dan juga melaksanakan tugas piket di Koramil, namun metode monitoring  terus dilaksanakan.


Respon ketiga disampaikan oleh Ketua Karang Taruna Manustutu I Ketut Sadika, S.Pd. dimana Karang Taruna baru saja mengadakan penghijauan di kawasan Bendungan Bendel dengan Polsus Kehutanan. Hasil penghijauan pada periode yang lalu kini tanamannya sudah hidup. Penanaman kali ini ada sedikit permasalahan dimana bibit yg sudah ditanam ada banyak yang hilang. Dengan keadaan ini meminta bantuan pengawasan atas kegiatan dimaksud.


Atas permasalahan yang disampaikan oleh para tokoh, Kapolsek Melaya Kompol I Made Katon, S.H. mendatakan kemudian memberikan tanggapan, dimana terkait telah berjalannya tahapan pemilihan Bendesa Adat kepolisian akan mengawal tahapan yang dijalankan panitia pemilihan yang intens oleh Bhabinkamtibmas supaya terus berkoordinasi dengan panitia berkaitan dengan dinamika tahapan serta akan dilaksanakan penguatan kegiatan pengamanan pada moment-moment tertentu.


"Kita berharap kegiatan berjalan aman dan sukses. Kepada Bhabinkamtibmas dan Bhabinsa, saya mengucapkan terimakasih atas sinergi di lapangan," jelas Kapolsek Melaya.


(Hms Jbr)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama